Skip to content

Keikhlasan Hati

March 3, 2014

Mungkin benar jaman sudah benar-benar edan sekarang. Nilai-nilai luhur warisan nenek moyang sebagai bangsa timur telah luluh melebur seiring terbukanya kran globalisasi. Bisa jadi nasihat-nasihat mulia yang seharusnya menjadi pegangan hidup hanya jadi olok-olok belaka.

 

hati ikhlas

Dulu orang membuat lagu dengan perenungan yang serius. Sekarang lagu-lagu yang tidak edukatif bahkan sudah menjadi nyanyian anak-anak di bawah umur ketika berkumpul bersama. Mereka mengetahui hal-hal yang belum selayaknya mereka ketahui, dimana hal ini mengakibatkan proses kedewasaan mereka terlalu instan.

Lalu dimana fungsi pendidikan? Sertifikasi yang meningkatkan gaji guru bukannya membuat kualitas pendidikan membaik namun makin carut marut. Siswa melakukan tindakan-tindakan tak terpuji yang bahkan guru pun tidak mampu lagi mengendalikan, hingga akhirnya dikeluarkan dari sekolah. Setelah keluar, apakah masalah kemudian selesai?

Agama yang bisa dijadikan benteng seolah tidak dihormati lagi. Ormas yang seharusnya berdiri untuk menata barisan mendakwahkan kalimat-kalimat Ilahi lama-kelamaan justru menjadi alat menuju kekuasaan. Sholat yang merupakan representasi ketaatan seorang hamba dengan sang pencipta, ternoda oleh undian berhadiah, yang membuat niat sholat menyimpang dari tujuan semula.

Sampai kapan ini berakhir?

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: