Skip to content

Ulat Bulu

April 14, 2011

Bukan Merapi, bukan gempa bumi, bukan tsunami. Kali ini yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya adalah dampak dari mewabahnya ulat bulu yang meluluhlantahkan tanaman-tanaman di Probolinggo, jawa Timur, dan sekarang mulai ditemukan kasus sejenis di Sleman, Yogyakarta. (Vivanews.com, 14 April 2011).
Kenapa menakutkan? Bisa dibayangkan jika tanaman di Sleman habis semua dimakan ulat, maka dampak sosialnya akan luar biasa. Mulai dari gejolak ekonomi, persoalan kesehatan, hingga dampak sekunder yang dipastikan akan mengikuti jika kekhawatiran-kekhawatiran tadi terjadi.
Ulat sebenarnya adalah binatang yang sudah lama dikenal masyarakat. Ulat adalah fase terburuk dari sebuah binatang yang anggun menawan, yang bernama kupu-kupu. Banyak orang enggan bersinggungan dengan ulat, namun setelah menjadi kupu-kupu banyak yang mengaguminya.
Ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dibalik bencana. Agak aneh memang, kenapa yang harus kita hadapi saat ini adalah ulat.
Ada banyak teori yang bisa kita angkat. Pertama, pemburuan burung-burung pemakan ulat barangkali membuat alam marah dan memberi kita pelajaran dengan kasus seperti ini. Kedua, penggunaan pestisida yang tidak beraturan yang membunuh ulat-ulat secara biadab barangkali juga menjadi penyebab marahnya alam. Ketiga, barangkali ini adalah sebuah konspirasi bisnis.
Ini hanya dugaan, namun tidak menutup kemungkinan benar adanya. Ulat-ulat tersebut sengaja diciptakan dengan metode genetika yang sudah sedemikian canggih, lalu sengaja disebar di sentra-sentra pertumbuhan tanaman buah dan sayur, agar produk yang selama ini membanjiri pasar menjadi langka. Jika sudah demikian, maka akan ada yang tertawa karena menangguk untung yang tak terkira.
wallahu alam…

From → social

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: