Skip to content

Nuklir

March 18, 2011

Jepang yang sudah pernah luluh lantah dihantam bom atom pada tahun 1945, kembali luluh lantah oleh hantaman tsunami pada hari Jum’at yang lalu (11/3). Namun ancaman yang lebih serius datang lagi berupa radiasi nuklir yang disebabkan oleh kerusahan PLTN di Fukushima akibat gempa bumu dahsyat berkekuatan 9 SR, yang bahkan dikabarkan membuat rotasi bumi bertambah cepat meski ‘hanya’ dalam ukuran mikrodetik.

Kemajuan teknologi di Jepang harus dibayar mahal akibat dari hasil karya mereka sendiri. Ancaman nuklir senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Saat tulisan ini dibuat, bahaya radiasi sudah memasuki level 5, selisih 2 level saja dengan musibah Chernobyl di ukraina yang mengakibatkan meninggalnya 57 orang secara langsung 4.000 orang yang meninggal akibat kanker.

Ini bukan kehendak manusia memang. Namun jika bencana nuklir Jepang pada akhirnya bisa menyamai musibah Hiroshima dana Nagasaki, tentu harus ada evaluasi yang mendalam soal pengayaan tenaga nuklir di seluruh dunia. Buat apa hasil karya yang maha dahsyat jika pada akhirnya malah menimbulkan kekalutan masyarakat? Tentu kita masih ingat pada Alfred Nobel yang menyesal setelah menemukan dinamit yang akhirnya justru disalah gunakan untuk memusnahkan sesama manusia.

Sayangnya pengalaman sejarah tidak terdengar di telinga putra bangsa yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini. Program nuklir Indonesia akan jalan terus tanpa terpengaruh pada apa yang terjadi di Jepang. Padahal, Indonesia seperti halnya Jepang juga merupakan jalur gempa. Bahkan 2004 pernah mendapat pengalaman berharga kala Aceh dilanda tsunami hebat. Namun ternyata bukan hanya pengurus sepak bola saja yang keras kepala, ilmuwan ahli nuklir juga seolah tidak peduli dengan dampaknya di kemudian hari, demi egonya .

From → political

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: