Skip to content

Ada Apa Dengan Inner Circle?

February 27, 2011

Sekretaris Kabinet, Dipo Alam baru saja bikin ulah dengan keinginannya untuk memboikot media. Ketika kebebasan pers sudah sedemikian lama berjalan, kontan saja kali ini dirinya ibarat petarung tanpa pendukung. Pers dan masyarakat mengecam ucapan tersebut. Namun ibarat menjaga harga diri, Dipo Alam ogah menarik ucapannya, meski mungkin dalam hati agak nyesel juga.

Belum selesai Dipo Alam bikin sensansi, kali ini Ketua DPR Marzuki Ali gantian bikin ulah. Komentarnya agar pengiriman TKI ke Hongkong sebagai PRT distop saja karena merendahkan martabat bangsa mendapat protes keras dari orang-orang yang menggantungkan hidupnya pada profesi tersebut. Bukan kali ini saja Marzuki bikin ulah. Ketika memimpin sidang kabinet dulu juga pernah bikin gara-gara dengan menutup sidang saat masih banyak peserta yang ingin bersuara.

Benang merah apa yang bisa kita ambil dari kedua peristiwa itu? Beberapa saat setelah Dipo Alam berkomentar, banyak pejabat yang mencoba menutupi aib tersebut dengan mengungkapkan bahwa itu pendapat pribadi Dipo, bukan kabinet. Marzuki? Kemungkinan juga akan banyak yang membelanya. Tapi dua ungkapan yang mencuat ke publik hingga menimbulkan kepanikan menunjukkan kekurang hati-hatian dalam mengungkapkan pendapat.

Sekarang misal media massa hanya mengeluarkan berita yang baik saja, bukankah pemerintah jadi tidak ada yang mengontrol? Kalau pemerintah memboikot media, bagaimana sosialisasi program-program pemerintah nantinya?

Begitu juga dengan TKI. kalau mereka tidak jadi TKI, memangnya pemerintah sudah menyiapkan lapangan kerja yang memadai?

Sepertinya ada kekurangan koordinasi diantara sesama pejabat tinggi negara, yang kebetulan juga merupakan orang-orang dekat Bpk. Presiden. Semoga ada perubahan usai peristiwa memalukan ini.

From → political

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: