Skip to content

Belajar dari Chili

June 21, 2010


Orang bilang kita ga mungkin masuk Piala Dunia karena postur tubuh kita rata2 lebih kecil dari orang eropa dan afrika. Atau kalaupun masuk paling hanya akan jadi bulan-bulanan mereka. Jadi kalau kita tidak pernah masuk piala dunia bukan sepak bola kita yang jelek tapi memang kodratnya tidak memungkinkan kesana.

Well… jika memang seperti itu, lalu bagaimana dengan Chili? Negara ini juga dihuni oleh orang2 yang rata2 berpostur sama dengan Indonesia. Tapi lihatlah prestasinya di Afrika Selatan. Permainannya sungguh impresif dan enak ditonton. Sama sekali mematahkan semua anggapan di atas.

Namun jika kemudian pemerintah atau dalam hal ini PSSI diminta menata ulang pemahaman tersebut, yang terjadi justru mengkhawatirkan. Meski ini sifatnya dalah prasangka -maaf Pak Ustadz, ini untuk kepentingan analisa- namun jika saya mengatakan bahwa PSSI mendukung anggapan kedua, bahwa postur tubuh bukan halangan, maka yang akan terjadi kemudian adalah PSSI melakukan serangkaian agenda strategi memajukan persepakbolaan nasional yang ujung-ujungnya adalah pengajuan anggaran dalam jumlah yang tidak masuk akal. Lihatlah kasus pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Jika sudah begini, sebaiknyalah kita benarkan saja anggapan yang pertama, sudah kodratnya postur kita kurang kompetitif untuk berprestasi di tingkat nasional. Jika semua sudah mahfum begitu, anggaran negara bisa tetap digunakan untuk sektor-sektor yang lebih membutuhkan.

From → social

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: