Skip to content

Mojokerto oh… Mojokerto…

May 30, 2010

Meski tidak ada kesepakatan formal, tapi tidak salah kalau saya menyebut kejadian memprihatinkan di salah satu kabupaten di jawa Timur beberapa hari yang lalu dengan sebutan Mojokerto Membara. Oya, biar pikiran Anda tidak kemana-mana saya tegaskan bahwa ini bukan judul VCD Porno ….( he he…) Tapi sebuah peristiwa dimana ketika salah satu calon bupati yang mau maju disana tidak lolos verifikasi, simpatisannya mengamuk dengan membakar mobil2 dinas dan juga gedung DPR yang ada.

Ironis memang. Ini hanya persoalan lolos verifikasi. Belum pemilu yang diduga mengandung kecurangan. Toh, seharusnya kalaupun calon bupati yang maju dinyatakan tidak lolos, belum banyak dana yang keluar. Meski maju sebagai cabup dengan segelontor dana adalah juga perbuatan yang kurang bijak -meski sudah berlaku umum-.

Yang lebih ironis lagi, yang mereka hancurkan itu adalah barang2 yang dibeli dari uang rakyat, uang mereka juga. Lalu apa yang mereka peroleh dengan peristiwa ini? Apakah calon mereka lantas kemudian lolos? Sepertinya publik juga makin ga simpati dengan sang cabup.

Peristiwa ini memang menambah panjang daftar tindakan anarkis masyarakat Jawa Timur -setelah dulu juga terjadi di Tuban, dan kasus2 bonek tentunya- Tapi tindakan refleksi harus kitra lakukan bersama. Menyalahkan sang pelaku memang ada benarnya, namun latar belakang di balik itu juga sepatutnya kita analisa.

Pernah ada wacana, apa tidak sebaiknya Pilkada dibubarkan saja? Sepertinya ada benarnya juga hal semacam itu. Namun jalan tengah yang lebih moderat saya kira, apa tidak sebaiknya Kepala Daerah hanya boleh menjabat 1 periode saja?

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: