Skip to content

Mendidik Dengan Hati

March 7, 2010

Kita baru saja dikejutkan oleh berita perihal larinya sentri-santri dari Pondok Pesanter Inabah 17 di Ciamis, Jawa Barat yang berujung tragis. Dari 15 orang santri, 5 orang kembali, 1 orang pulang, dan yang 9 terseret arus sungai citanduy hingga 7 orang menemui ajal dan 2 tidak diketahui nasibnya. (okezone.com 6/3/2010). Kenapa santri-santri tersebut sampai lari?

Pondok pesantren Inabah memang merupakan pondok rehabilitasi bagi orang-orang yang kecanduan narkoba. kebanyakan santri memilih lari karena merasa jenuh dengan metode pendidikan pesantren yang ketat dan penuh disiplin. Tentu saja sangat kontras dengan dunia para santri sebelumnya. Maka wajar jika mereka sempat kabur. Hanya sayang mereka harus berhadapan dengan sungai yang berarus deras.

Semua pihak selalu berusaha lempar tanggung jawab. Tak terkecuali pimpinan pondok yang merasa itu memang sudah resiko nyantri disitu. Bahwa pendidikan yang ketat sudah menjadi tradisi di pondok pesantren spesialis narkoba tersebut. Meskipun ada juga orang tua korban yang sudah ikhlas dan menganggap ini sudah kehendak Yang Maha Kuasa.

Haruskah kita mendidik dengan sesuatu yang ketat, keras dan menegangkan dalam balutan kata disiplin? Seharusnya pendidikan bisa dilakukan dengan pendekatan dari hati, memberi ruang peserta didik untuk berkreasi, menciptakan suasana yang cair sehingga tidak ada pihak yang merasa terpinggirkan. Dalam situasi seperti itu bisa jadi apa yang kita ajarkan akan diterima oleh peserta didik dengan sempurna dan tanpa beban. Dan pada akhirnya tujuan dari pendidikan pun tercapai.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: