Skip to content

China…

January 15, 2010

Republik Rakyat China sering juga disebut dengan istilah RRT, karena kata China punya padanan kata yang hampir sama artinya dengan Tionghoa. China sering juga disebut Cina (tanpa ‘H’). China, adalah penulisan resmi yang diinginkan oleh Kedutaan Republik Rakyat Cina – artinya ini adalah tulisan resmi yang merujuk kepada negara RRC. Cina, adalah orang yang berwarga negara China, yang setara dengan orang Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Indonesia – artinya Warga Negara Asing. Tionghoa, adalah orang-orang keturunan Cina di Indonesia yang sepadan dengan orang Jawa, Sunda, Madura, Batak, dll..

China adalah salah satu negara paling fenomenal di muka jagat raya ini. Jumlah penduduk mereka adalah yang paling besar, dan tersebar di semua negara di dunia. Luas wilayah yang mereka miliki pun tidak bisa dipandang sebelah mata. China adalah salah satu sekutu kuat Uni Soviet ketika masa perang dingin berlangsung. Sebagai negara komunis, bisa dipahami jika orientasi keduniaan mereka begitu besar.

China sebenarnya lebih dahsyat kekuatannya bila dibandingkan dengan Amerika. Jika Amerika berada di bawah kendali bangsa Yahudi Israel, China nyaris tanpa ada yang mencampuri. Negara ini juga punya pengaruh yang sangat besar karena menjadi anggota tetap DK PBB yang memiliki hak vetto. Perubahan besar terjadi di China belakangan. Setelah Uni Soviet runtuh, negara ini membuka pintu bagi masuknya paham kapitalis. Dan China? Mendadak menjadi kekuatan baru ekonomi dunia yang bargaining potition-nya sangat kuat.

China, yang kebanyakan perantaunya mahir dan sukses sebagai pedagang, otomatis menjadi semakin menjadi ketika negara ini ikut bermain di dunia perdagangan dunia. Sejak tahun 2002, rata-rata pertumbuhan ekonomi China per tahun mencapai 10%. Jepang bahkan sudah mulai menyadari bahwa kedudukan mereka saat ini sebagai raksasa ekonomi asia akan segera tergusur oleh China.

Kenapa China begitu cepat berhasil? Rata-rata produk-produk buatan China memiliki keunggulan dalam hal harga. Produk-produk mereka terkenal murah, sehingga menjadi pilihan berbelanja bagi sebagian besar masyarakat.China sepertinya tidak perlu belajar terlalu lama untuk membangun tim yang solid guna memenangkan persaingan pasar, karena hampir semua elemen masyarakat yang ada disana paham betul bagaimana seharusnya bisnis berjalan dengan baik.

China bukanlah negara yang besar begitu saja. Sejarah mencatat, mereka memang memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi di masa lalu. Salah satu bangsa yang pertama mengenal tulisan adalah China. Dan huruf China memiliki ragam kerumitan yang luar biasa, namun bisa dilestarikan hingga sekarang. Kebudayaan mereka juga memiliki nilai2 pendidikan yang amat luhur. Belum masalah seni bela diri dan pengobatan tradisional yang banyak digandrungi oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Jadi masyarakat China memang sudah terlahir sebagai manusia2 hebat sejak jaman pra sejarah.

China adalah bangsa pekerja keras. Mereka menerapkan strategi bisnis yang luar biasa untuk ukuran sebuah teamwork. Salah satu pedoman mereka dalam berdagang tertuang dalam kitab Sun Tzu, yang meski sebenarnya menggambarkan perihal seni berperang, namun bisa pula diterapkan dalam dunia dagang. Bangsa China memiliki komitmen yang kuat dalam berbisnis. Mereka juga didukung oleh pasukan militer yang tangguh, sehingga tidak mudah untuk mendikte China.

Dan sekarang? China akan menyerbu bangsa kita dengan segudang pengalaman dan keahlian yang mereka miliki untuk berdagang. Kita selalu bilang kita harus siap menghadapi serangan produk China, kita harus tingkatkan kualitas kita dalam hal apa saja untuk menghalau membanjirnya produk China, kita harus terus menekan segala pemborosan untuk memperoleh produk yang murah……

Tapi? China bukanlah negara bodoh. Di tengah carut marutnya pergulatan para elit di senayan, mereka bisa saja menerobos pasar dengan diam-diam. Dan sekarang di tengah genderang diresmikannya AC FTA (Asean Chia Free Trade Area)….. mau tidak mau kita harus siap menjalani warna baru perekonomian Indonesia. Warna yang akan banyak didominasi oleh China……………..

Siapa yang salah?

From → Investment

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: