Skip to content

Penangkar Kentang

December 6, 2009

Beberapa hari yang lalu aku ditakdirkan untuk bertemu dengan seorang petani yang sudah mulai berfikiran modern. Meskipun apa yang dilakukannya adalah atas rekomendasi orang dinas, tapi setidaknya cara berfikir modern tetap melekat padanya. Dia tampak bersemangat menghadapi hidup, meski tetap bergelut dengan lahan setiap hari.

Modernitas yang ada padanya adalah perihal jenis tanaman yang dia tanam. Dia tidak lagi menanam tanaman yang asal tanam dan asal laku, namun dia mulai menanam tanaman yang mnemiliki prospek pasar bagus dan secara bisnis sangat menguntungkan. Yang dia tanam adalah kentang untuk tujuan benih.

Pak Marno, namanya, sepertinya sangat merasakan manfaat ekonomi yang ia peroleh selama menjadi penangkar sejak tahun 2002 silam. Lahan yang dulu ditumbuhi tembakau, sekarang berubah menjadi lahan kentang, dan hanya sesekali ditanami jagung untuk menetralkan tanah. Meski tidak merinci berapa hasil yang ia peroleh, namun sepertinya beliau sudah cukup puas dengan segala yang dicapainya.

Saat mampir ke rumahnya, bukan hanya minuman saja yang dsajikan padaku, namun juga nasi beserta lauknya. Untuk seorang pelancong yang seharusnya merogoh kocek untuk urusan perut, tentunya ini jadi sebuah berkah tersendiri. Entah nanti dalam bentuk apa aku bisa membalasnya, tapi semoga saja ada kesempatan untuk itu.

Pak Marno yang mengaku lulusan SMP itu mengaku sekarang untuk mencari uang 1 hingga 5 juta sudah bukan persoalan yang besar. Beda dengan dulu sebelum jadi penangkar. Dan di seberang rumah Pak Marno, yang katanya adalah rumah Pak Carik atau sekretaris desa setempat, yang juga menangkarkan benih kentang, rumahnya yang hanya berjarak 5 kilo dari puncak Merbabu itu pun sudah dihiasi dengan antena parabola.

Kesimpulannya : Dunia pertanian adalah lahan emas, jika kita mampu melihat peluang dan memanfaatkannya secara sungguh-sungguh.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: