Skip to content

The End of EPL 2011/2012 (English Primer League)

May 6, 2012

Liga Inggris belum usai. Masih ada 1 pertandingan lagi. Persaingan perihal siapa yang juara dan siapa yang lolos ke kompetisi luga Champion juga belum pasti. Bahkan jika seluruh pertandingan dimainkan, 4 wakil Inggris di Liga Champions pun belum jua bisa dipastikan, karena ada 1 tim yang berada di luar daftar 4 besar yang lolos ke final Liga Champions musim ini.

Benar-benar laga yang ketat. Kalaupun ada yang patut disayangkan barangkali hanya selisih poin antara penghuni peringkat 2 dan 3 dimana jaraknya mencapai 19 poin. Berarti kekuatan matahari kembar Manchester cukup dominan dibanding tim-tim lain. Serupa dengan yang terjadi di Spanyol.

Siapa pemain terbaik? Siapa pencetak gol terbanyak? Uniknya tidak berasal dari klub juara. Namun popularitas Robin van Persie tak perlu diragukan lagi. Selain sebagai kapten Arsenal ia juga dikenal sebagai perobek jala lawan yang sangat berbahaya.

Lalu kejutan lain adalah Tottenham Hotspur yang sempat hampir menyegel posisi 3 besar bersama City dan United. Namun kelengahan di akhir kompetisi membuat mereka tak kuasa lagi bertarung dengan 2 raksasa lainnya. Entah City ataupun United yang akan menjuarai liga Inggris musim ini, jika aturan boleh diubah, keduanya layak untuk menjadi juara bersama. Dan kejutan besar terjadi pada 2 raksasa liga Inggris yang dulu selalu mendapat julukan the big four, Chelsea dan Liverpool. Chelsea menghadapi masalah dengan manajernya yang kurang memenuhi ekspektasi penggemar. Sementara Liverpool justru terjun bebas ke posisi 9 dengan torehan 13 kekalahan. Untungnya mereka mampu meraih title Piala Carling dan menembus final Piala FA sehingga masih layak menegakkan kepala.

Chelsea? Tim ini seperti sebuah anomali. Mendepak Carlo Ancelloti yang telah sukses member gelar juara bagi Chelsea, memilih manajer baru, namun justru baru menemukan style-nya ketika ditangani pelatih caretaker Roberti di Matteo. Entah apakah klub ini hanya berjodoh dengan Italiano atau tidak, namun Di Matteo membukukan prestasi spektakuler dengan menghempaskan tim kuat Barcelona di semi final Liga Champion. Klub ini pula yang bisa membuat semua skenario menjadi kacau. Mereka yang tidak mampu menembus posisi 4 besar bisa saja lolos ke Liga Champions jika menang di final LC. Konsekuensinya, peraih posisi 4 klasemen harus rela kehilangan tiket tampil di LC.

Tetapi siapa sebenarnya yang paling mencuri perhatian dari perhelatan Liga Inggris musim ini? Dialah Newcastle United. Tidak ada yang memprediksi bahwa klub ini akan duduk di papan atas. Penampilan mereka impresif, sejumlah pemainnya juga menjadi bintang. Yang mengejutkan, ada 1 pemain yang baru didatangkan pada Januari 2012 berhasil menorehkan catatan spektakuler dengan rata-rata perolehan gol 1 gol di tiap pertandingan. Pappis Demba Cisse. Tidak ada yang kenal dengan pemain ini sebelumnya. Bukan hanya jumlah gol saja yang membuat orang berdecak kagum kepadanya, namun juga gol indah yang bersarang di gawang Chelea berupa tendangan melengkung dari jarak jauh di sisi kanan daerah pertahanan lawan.

Kalaupun ada yang luput dari perhatian publik adalah pencapaian Wigan Athletic. Meskipun tim ini ada di jurang degradasi, meski hanya menang 9 kali hingga pekan ke 37, namun catatan 9 kemenangan yang mereka torehkan justru diraih dari tim-tim raksasa macam Manchester United, Arsenal, Liverpool dan juga Newcastle United.

Liga Inggris selalu penuh kejutan. Kompetisinya cukup ketat. 4 jatah saja yang mewakili ke liga champions serasa belum cukup karena masih banyak tim besar lain yang tidak bisa tampil. Musim 2011/2012 segera berakhir, namun kompetisi ini cukup layak untuk dikenang……

Yang pasti pembicaraan sebagian besar masyarakat Indonesia, dan juga dunia, banyak berhubungan dengan drama-drama di EPL, karena menyukai sepakbola adalah hak semua orang dan tidak mengenal gender, suku, ras, agama, dan antar golongan. Dari yang kaya sampai yang miskin semua berhak untuk bahagia dan berduka dari sepakbola.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: